Awas Motor Injeksi Bisa Mati Mendadak

Hai sobat OZ pernahkah terbayang dalam pikiran sobat OZ  bila motor injeksi sobat OZ mogok  tiba-tiba karena baterry atau akinya tekor ? Sobat OZ  jangan meremehkan pengecekan aki (battery), bisa-bisa sobat OZ dalam perjalan bisa berhenti gara-gara aki tekor. Sobat OZ janganlah khawatir bagi yang memiliki motor dengan sistem injeksi, yang tidak punyapun bisa untuk menambah wawasan. Sobat OZ yang tidak tahu bagaiman cara merawat aki janganlah cemas dan takut apabila aki tekor. Karena sistem injeksi harus didukung aki untuk menghidupi sensor-sensor.


Sistem injeksi ini haruslah menggunakan aki yang bekerja optimal karena aki pendukung dari semua sensor-sensor yang akan dihidupkan. Aki (battery) ini merupakan tenaga yang menggerakan atau yang menyuplai seluruh kelistrikan di motor injeksi. Selain itu aki digunakan sebagai tenaga untuk menjalan ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Elektronic Control Module), yang merupakan inti dari kinerja mesin dan sistem injeksi.
Oleh karena itu di beberapa varian motor bermesin injeksi mempunyai kapasitor bank yang berfungsi sebagai penyimpan arus listri. apabila suplai listrik dari ini aki tekor, dengan adanya kapasitor bank atawa kondesor dapat memenuhi kebutuhan suplai ke ECU. Sistem injeksi ini mengaplikasi kelistrikan dengan tipe DC (Direct Current) atau searah karena sistem injek ini membuthkan daya arus yang stabil. Sebaiknya sobat OZ menjaga kualitas tetap sempurna agar kualitas aki tetap terjaga baik dan sistem kerja dari motor dengan sistem injeksi dapat optimal kerjanya. Apabila mengandalkan tipe AC yang punya arus bolak-balik, kinerja akan tergantung dari putaran mesin. Maka arus yang di hasilkan tidak sepenuhnya bisa stabil.
Aki juga berfungsi sebagai penahan voltase yang dapat meninggi dari AC generator, yang di sebabkan rpm mesin yang naik tiba-tiba. Contoh saat kebutuhan aki di sistem injeksi seluruh sensor bekerja pada saat kunci kontak diputar ke posisi ON, maka akan terdengar suara dengung yang menandakan part itu bekerja. Semoga ini bermanfaat bagi sobat OZ.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Archives