Asal Sepeda Motor dan Penemunya

Tahukah sobat Oz siapa penemu-penemu sepeda motor ? Yang diklaim sebagai penemu sepeda motor ada tiga orang yaitu, Gottlieb Daimler (Jerman), Ernest Michaux ( Perancis), dan Edward Butler (Inggris). Dari ketiga penemu, rancangannya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. baiklah kita akan membahas secara ringkas asal-usul terciptanya sepeda motor. Ernest Michaux Perancang pertama sepeda motor dia adalah seorang dari negara Perancis pada tahun 1868. Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini tidak berhasil, kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuatkan kendaraan yang mempergunakan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
 

Dan di tahun yang sama Gottlieb Daimler memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin, dengan begitu beliaulah sebenarnya pencipta sepeda motor yang telah berhasil. Akan tetapi jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak, sampai pada tahun 1892 Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru, yang disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897.

Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer/jam. Akan tetapi Reitwagen itu tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil.

Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor kali pertama masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895, saat itu seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Dan pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat yaitu EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pennington menyebutkan, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah sepeda motor  (motorcycle). Sekian semoga ini bermanfaat bagi sobat OZ.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Archives