Apa Itu Motor Bensin ?

Sobat OZ pasti tahu apa itu motor bensin, bagi yang belum tahu saya akan memberitahu sedikit tentang motor bensin. Motor bensin adalah motor pembakaran yang menggunakan bahan bakar bensin.  Bensin adalah suatu cairan yang mudah disimpan, dipindahkan dan alirannya mudah dikontrol.
Selain itu bensin mempunyai sifat yang mudah menguap, mudah menyala dan terbakar. Dalam pemakaiannya pada motor pembakaran, bensin cair ini terlebih dahulu harus diubah menjadi bentuk uap atau kabut agar mudah terbakar. Bensin terdiri dari molekul-molekul hidrokarbon. Bensin yang mengandung molekul-molekul hidrokarbon dengan titik didih rendah akan memudahkan motor dihidupkan pada suhu sekeliling yang rendah. Disamping itu kendaraan dapat dijalankan tanpa pemanasan yang agak lama pada beban yang redah. Bensin harus dicampur lebih dahulu dengan udara sebelum dimasukkan dalam silinder campuran udara dan bahan bakar setelah masuk kedalam silinder kemudian dikompresikan dan pada saat akhir kompresi baru dinyalakan. Dan untuk mencampur udara dengan bahan bakar secara otomatis dengan satu perbandingan tertentu pada suatu saat dan kondisi tertentu diperlukan karburator.

Pembakaran adalah reaksi kimia antara komponen-komponen bahan bakar (Karbon dan hidrogen) dengan komponen udara (Oksigen) yang berlangsung sangat cepat, yang membutuhkan panas awal untuk menghasilkan panas yang jauh lebih besar sehingga menaikkan suhu dan tekanan gas pembakaran. Elemen mampu bakar atau Combustible elements yang utama adalah karbon dan oksigen. Sementara itu, Nitrogen adalah gas lembam dan tidak berpartisipasi dalam proses pembakaran. Selama proses pembakaran, butiran minyak bahan bakar menjadi elemen komponennya, yaitu hidrogen dan karbon, akan bergabung dengan oksigen untuk membentuk air, dan karbon bergabung dengan oksigen menjadi karbon dioksida. Kalau tidak cukup tersedia oksigen, maka sebagian dari karbon, akan bergabung dengan oksigen menjadi karbon monoksida. Akibat terbentuknya karbon monoksida, maka jumlah panas yang dihasilkan hanya 30 persen dari panas yang ditimbulkan oleh pembentukan karbon monoksida.
           
Kalau campuran udara dan bahan bakar terbakar di dalam ruang pembakaran yang dibentuk dari atau dibatasi oleh torak (piston), silinder dan kepala silinder akan menghasilkan gas pembakaran yang bersuhu dan bertekanan tinggi. Gas pembakaran ini akan menekan torak (piston) ke bawah dan menghasilkan daya dengan cara sebagai berikut. Semoga bermanfaat bagi sobat OZ, terima kasih.


0 comments:

Post a Comment

Followers

Archives